BAB IIII
Fungsi dan Proses Kerja Perrallattan Teknollogii
IInfforrmasii dan Komuniikasii
A. Definisi Teknologi Informasi dan Komunikasi
Ditinjau dari susunan katanya, teknologi informasi dan komunikasi tersusun dari 3 (tiga) kata yang masing-masing memiliki arti sendiri. Kata pertama, teknologi, berartipengembangan dan aplikasi dari alat, mesin, material dan proses yang menolong manusia menyelesaikan masalahnya. Istilah teknologi sering menggambarkan penemuan alat-alat baru yang menggunakan prinsip dan proses penemuan saintifik.Kata kedua dan ketiga, yakni informasi dan komunikasi, erat kaitannya dengan data.
Informasi berarti hasil pemrosesan, manipulasi dan pengorganisasian sekelompok data yang memberi nilai pengetahuan (knowledge) bagi penggunanya. Komunikasi adalah suatu proses penyampaian informasi (pesan, ide, gagasan) dari satu pihak kepada pihak lain agar terjadi hubungan saling mempengaruhi di antara keduanyaAustralian National Training Authority (ANTA) mendefinisikanteknologi informasi sebagai pengembangan teknologi dan aplikasi dari komputer dan teknologi berbasis komunikasi untuk memproses, menyajikan, mengelola data, dan informasi. Definisi ini mencakup pembuatan hardware dan komponen komputer, pengembangan software komputer dan berbagai jasa yang berhubungan dengan komputer,bersama-sama dengan perlengkapan komunikasi serta pembuatan komponen dan jasanya. Menurut Oxford English Dictionary edisi ke-2, definisi teknologi informasi adalah perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software), termasuk di dalamnya jaringan dan telekomunikasi yang biasanya termasuk dalam konteks bisnis atau usaha. Istilah teknologi informasi menjadi bagian dari kegiatan usaha yang memanfaatkan perangkat elektronik komputer.
B. Mengenal peralatan teknologi informasi dan
komunikasi serta proses kerjanya
Komputer, yaitu alat yang berguna untuk mengolah data menjadi informasi menurut
prosedur yang telah dirumuskan sebelumnya.
● Proyektor LCD (Liquid Crystal Display), yaitu alat untuk menayangkan informasi yang berasal dari komputer atau media informasi lain seperti DVD Player. Alat ini memiliki keunggulan karena mampu menayangkan informasi berformat video. Proyektor LCD sering digunakan sebagai alat presentasi atau media pembelajaran di kelas.
● OHP (Over Head Projector), yaitu alat untuk menayangkan informasi statis yang tertulis pada plastik transparansi. Tidak seperti proyektor LCD, OHP hanya dapat menayangkan gambar diam. Alat ini muncul lebih dulu sebelum proyektor LCD
ditemukan.
● Radio, yaitu alat penerima informasi yang berasal dari stasiun pemancar berupa
gelombang elektromagnet yang membawa informasi suara. Gelombang ini melintas dan
merambat melalui udara, bahkan merambat melalui ruang angkasa yang hampa udara.
● Televisi, yaitu alat penerima informasi yang berupa gambar dan suara. Televisi berasal
dari kata tele (jauh) dan vision (tampak/visual). Artinya, informasi dapat dipancarkan
dari jarak jauh dan penerima informasi membutuhkan sebuah alat yang disebut televisi
untuk menerima informasi dalam bentuk suara dan visual.
● Internet, yaitu hubungan antar komputer dalam suatu jaringan global yang
memungkinkan setiap komputer saling bertukar informasi. Hubungan antar komputer
ini menggunakan apa yang disebut protokol Internet (Internet Protocol). Internet
menghubungkan komputer di seluruh dunia yang jumlahnya dapat mencapai ratusan
juta buah.
● GPS (Global Positioning System), yaitu alat informasi berfungsi menentukan letak,
arah atau kecepatan benda yang berada di permukaan bumi. Umumnya, GPS ditempatkan di mobil atau kendaraan lainnya. Dengan GPS, pengendara mobil dapat
mengetahui posisinya setiap saat.
Gambar 2.1 Alat GPS (Sumber: Dok. Penulis)
● Faximile, yaitu alat untuk mengirim dan menerima dokumen melalui jalur telepon.
· Satelit komunikasi, yaitu benda buatan manusia yang diletakkan di ruang angkasa untuk keperluan telekomunikasi. Ada bermacam-macam fungsi satelit, misalnya untuk memancarkan sinyal dari stasiun televisi. Gelombang yang dipancarkan stasiun televise dipancarkan ke ruang angkasa terlebih dahulu dan diterima oleh satelit, kemudian baru diteruskan ke wilayah yang sulit dijangkau oleh antena pemancar di permukaan bumi. Selain untuk siaran televisi, satelit juga digunakan untuk keperluan militer dan navigasi.
● Telepon, yaitu alat komunikasi berguna untuk mengirim data suara melalui sinyal
listrik. Alat yang ditemukan oleh Alexander Graham Bell ini menggunakan kabel
sebagai media penghantar.
● Handphone atau telepon seluler, yaitu alat komunikasi bergerak untuk mengirim data suara. Telepon seluler menggunakan gelombang elektromagnet sebagai media
penghantar. Kelebihan telepon seluler dibanding telepon biasa adalah sifatnya yang
mudah dibawa. Di Indonesia, ada dua jenis jaringan telepon seluler, yaitu jaringan GSM
(Global System for Mobile Telecommunications) dan jaringan CDMA (Code Division Multiple Access). Dewasa ini, telepon seluler tidak hanya berguna sebagai alat komunikasi suara saja. Banyak fitur lain yang dimiliki telepon seluler, di antaranya SMS (Short Message Services), MMS (Multimedia Messaging Services), WAP (Wireless Application Protocol), GPRS (General Packet Radio Services), video call, radio FM, dan televisi.
● Modem, yaitu perangkat keras yang berfungsi mengubah sinyal digital menjadi sinyal listrik yang dapat merambat melalui telepon, dan sebaliknya.
Ada beberapa cara untuk menggolongkan komputer. Berdasarkan kegunaannya, komputer
dapat dibedakan menjadi dua macam, yaitu:
1. general purpose computer, yaitu komputer yang digunakan secara umum untuk kegiatan sehari-hari, misalnya untuk mengetik dokumen, menghitung, membuat desain grafis, atau mengolah data statistik.
2. special purpose computer, yaitu komputer yang didesain untuk pekerjaan khusus,
contohnya komputer yang digunakan untuk mengendalikan mesin-mesin di pabrik.
Komputer semacam ini biasanya digunakan untuk menghandle sistem berskala besar.
Pengelompokkan komputer yang kedua adalah pengelompokan berdasarkan kapasitasnya.
Menurut pengelompokkan ini, komputer dibedakan menjadi empat golongan, yaitu:
a. komputer mikro atau personal computer
b. komputer mini
c. komputer mainframe
d. superkomputer.
komputer dapat dikelompokkan berdasarkan
jenis sinyal yang diolahnya. Menurut pengelompokkan ini, komputer dibedakan menjadi tiga jenis, yaitu:
a. komputer digital (komputer yang bekerja dengan sinyal digital)
b. komputer analog (komputer yang bekerja dengan sinyal analog)
c. komputer hibrid (komputer yang bekerja dengan sinyal digital maupun sinyal analog).
Komputer yang kita kenal saat ini bekerja menggunakan arsitektur von Neumann yang diusulkan oleh John von Neumann pada awal 1940-an. Arsitektur ini membagi computer menjadi 4 bagian utama, yaitu:
a. Arithmatics Logic Unit (ALU) atau Unit Aritmatika dan Logika
b. unit kontrol
c. memori
d. input-output.
Di bawah ini adalah beberapa
istilah yang berkaitan dengan ketiga bagian sistem komputer yang perlu Anda pahami.
a. Input, yaitu suatu aktivitas memasukkan data ke komputer. Data tersebut dapat berupa data informasi maupun data perintah/instruksi. Dalam pemrosesan input, computer memerlukan suatu alat masukan yang disebut dengan peranti masukan (input device).
b. Proses, yaitu proses pengolahan data yang sudah diinputkan ke komputer. Komputer akan memproses data tersebut menggunakan alat yang disebut prosessor.
c. Bus, yaitu jalur penghubung antar alat pada komputer yang berfungsi sebagai media
untuk melewatkan sinyal.
d. Program, yaitu kumpulan instruksi yang akan dijalankan oleh prosessor. Program
komputer biasa disebut perangkat lunak atau software.
e. Storage, yaitu media penyimpanan data. Komputer memiliki media penyimpanan
untuk menyimpan data yang telah selasai diproses.
f. Output, yaitu aktifitas menampilkan data hasil pemrosesan baik di layar monitor
maupun dalam bentuk cetakan.
C. Perangkat keras computer
1. Alat Input
Alat input atau input device adalah perangkat keras yang berguna untuk memasukan data ke komputer. Data itulah yang selanjutnya akan diproses
Keyboard adalah perangkat input berbentuk papan ketik yang memiliki tuts atau tombolhuruf, tombol angka, tombol karakter khusus, dan tombol fungsi.
Mouse sangat penting peranannya dalam sistem komputer yang berbasis GUI (Graphical User Interface), antarmuka yang terdapat pada sebagian besar komputer masa kini. Mouse digunakan sebagai alat untuk menunjuk dan menjalankan perintah pada menu-menu yang tampak pada layar monitor. Alat ini memiliki dua tombol klik dan satu tombol scroll.Tombol kiri biasanya digunakan sebagai tombol perintah, sedangkan tombol kanan digunakan sebagai tombol shortcut. Tombol scroll digunakan untuk menggulung layer sehingga kita dapat berpindah halaman secara cepat.
Joystick digunakan untuk memasukkan perintah pada saat kita menjalankan game
komputer. Bentuk joystick menyerupai sebuah tongkat yang dapat kita gerakkan ke
beberapa arah, dan dilengkapi dengan tombol-tombol di bagian atas.
Gambar 2.9 Joystick (Sumber: Dok. Penulis)
Trackball memiliki fungsi sama seperti joystick, yaitu untuk memasukkan perintah padasaat kita memainkan game komputer. Pada alat ini terdapat bola berukuran cukup besar
sehingga mudah digerakkan saat bermain game.
Gambar 2.10 Trackball (Sumber: Dok. Penulis)
Scanner adalah alat untuk memindai atau menyalin dokumen tercetak seperti gambar, foto, atau tulisan menjadi data digital yang dapat diproses oleh komputer.
Barcode reader adalah alat yang bekerja seperti scanner, yakni memindai barcode sehingga
barcode tersebut dapat dibaca oleh komputer
Mikrofon berfungsi untuk memasukkan data berbentuk suara ke dalam computer.
Touch screen atau layar sentuh adalah alat masukan yang memungkinkan kita memasukkan data maupun instruksi ke komputer melalui sentuhan.
Kamera video atau sering disebut camcorder adalah alat untuk merekam objek bergerak hingga menjadi file video atau film.
2. Alat Proses
Processor adalah alat utama yang berfungsi mengolah data secara digital. Prosessor sering dijuluki otak komputer. Di Indonesia, kita mengenal beberapa merek prosessor, di antaranya Intel, AMD (Advanced Micro Device), PowerPC, dan Cyrix.
RAM adalah sebuah tipe penyimpanan komputer yang isinya dapat diakses seketika tanpa mempedulikan letak data tersebut dalam memori.
Mainboard merupakan papan elektronik untuk meletakkan berbagai macam komponen komputer seperti prosessor, RAM, dan komponen lain. Meskipun mainboard tidak secara langsung tergolong sebagai alat proses, namun keberadaannya sangat penting dalam komputer. Fungsi mainboard antara lain mengorganisasikan, mengatur dan menentukan alat yang terpasang pada komputer. Chipset dan program BIOS yang terdapat pada mainboard berfungsi untuk mengatur dan mengkomunkasikan data maupun informasi yang diproses di komputer.
Kartu VGA atau VGA card adalah komponen komputer yang berfungsi menghubungkan mainboard dengan monitor
Kartu suara atau sound card adalah komponen komputer yang berfungsi mengolah suara.Alat ini dapat digunakan sebagai alat input, alat proses atau alat output.
3. Alat Simpan
Harddisk atau harddrive adalah media penyimpanan yang terletak di dalam kotak CPU.
CD/DVD-ROM adalah alat yang digunakan untuk membaca cakram CD atau DVD.
Media penyimpanan USB flashdisk lebih populer disebut flashdisk. Bentuknya kecil
dengan port USB di ujungnya untuk menghubungkan diri dengan computer
Disket merupakan media penyimpanan data yang terbuat dari cakram magnetik lentur
(floopy).
Optical disk atau yang sering disebut CD atau DVD merupakan media penyimpanan
berbentuk cakram berdiameter 120 mm dengan lubang berdiameter 15 mm di tengahnya.
4. Alat Output
Monitor adalah alat output utama dalam sistem komputer yang berfungsi menampilkan perintah maupun hasil pengolahan data secara langsung. Dewasa ini kita mengenal dua jenis monitor, yakni monitor CRT (Cathode Ray Tube) dan monitor LCD (Liquid Crystal Display).
Printer adalah alat untuk menampilkan hasil pengolahan data dalam bentuk cetakan.
Proyektor LCD adalah alat yang berfungsi menampilkan objek yang dihasilkan computer ke bidang lain yang lebih besar, misalnya layar presentasi atau tembok.
Speaker merupakan alat output audio. Fungsinya mengeluarkan suara dari pengolahan data audio yang terjadi di dalam komputer.
5. Periferal
NIC atau Network Interface Card adalah kartu jaringan yang berfungsi menghubungkan satu komputer dengan komputer lain. Ada dua jenis kartu jaringan, yaitu kartu jaringan yang menyatu dengan mainboard (onboard) dan kartu jaringan yang harus ditambahkan pada slot PCI yang terdapat pada mainboard
Modem berfungsi menghubungkan satu komputer ke komputer lain atau ke Internet
melalui jalur telepon. Modem yang merupakan singkatan dari modulator demodulator
mampu mengubah sinyal digital menjadi sinyal analog dan sebaliknya
Hub atau disebut juga switch hub adalah sebuah alat yang digunakan sebagai terminal
jaringan komputer yang menggunakan kabel UTP.
UPS atau Uninterupted Power Supply adalah sebuah alat yang berfungsi memberikan
tenaga listrik cadangan pada saat listrik PLN tiba-tiba padam.
C. Mengenal jaringan computer
Jaringan komputer adalah kumpulan dua atau lebih komputer yang saling berhubungan untuk melakukan komunikasi data.
Sejarah jaringan komputer dimulai pada tahun 1940 di Amerika Serikat melalui proyek
pengembangan komputer Model I di laboratorium Bell dan kelompok riset Harvard
University yang dipimpin oleh Howard Aiken. Saat itu, proyek tersebut hanya bertujuan
untuk memanfaatkan sebuah perangkat komputer sehingga dapat dipakai bersama. Pada
tahun 1950, saat komputer mulai berkembang dan superkomputer lahir, muncullah
kebutuhan akan sebuah komputer yang mampu melayani banyak terminal. Kemudian
ditemukanlah konsep TSS (Time Sharing System) atau sistem antrian. Pada tahun 1969,
terbentuklah jaringan komputer pertama yang disebut ARPANET.
Manfaat atau keuntungan dibangunnya jaringan komputer adalah:
a. komputer-komputer yang saling terhubung dapat melakukan sharing file maupun
sharing folder, yaitu pemakaian file atau direktori secara bersama-sama
b. dngan adanya penyimpanan file terpusat (file server), file atau data yang ada di server dapat saling dibagi
c. memungkinkan pemakaian aplikasi secara bersama-sama oleh multiuser
d. memudahkan kita membackup data (membuat data cadangan)
e. memungkinkan kita untuk mendapatkan data terbaru/terkini secara cepat.
Ada dua cara untuk mengelompokkan jenis jaringan komputer, yaitu:
a. jaringan komputer berdasarkan area atau luas wilayah
b. jaringan komputer berdasarkan topologi (bentuk) jaringan
c. jaringan komputer berdasarkan media transmisi.
1. Jaringan komputer berdasarkan area atau luas wilayah
Berdasarkan area atau luas wilayah, jaringan komputer dibedakan menjadi tiga, yaitu:
● LAN (Local Area Network)
● MAN (Metropolitan Area Network)
● WAN (Wide Area Network)
LAN atau Local Area Network adalah jaringan komputer untuk area yang tidak begitu luas.
Batasan ukuran luas LAN adalah satu gedung. Contoh LAN adalah jaringan yang terdapat di sekolah-sekolah yang menghubungkan komputer milik siswa, komputer milik guru dan komputer milik bagian administrasi.
Manfaat penggunaan LAN adalah:
● setiap user dapat melakukan pertukaran file (sharing file) secara mudah
● setiap user dapat berbagi pakai printer (printer sharing)
● setiap user dapat menyimpan data secara terpusat (file server)
● setiap user dapat saling berkomunikasi menggunakan komputer.
MAN atau Metropolitan Area Network adalah jaringan komputer yang menghubungkan komputer-komputer dalam suatu kota. Contoh jaringan ini adalah jaringan antar beberapa sekolah dalam satu kota.
WAN atau Wide Area Network adalah jaringan komputer dengan cakupan geografis paling luas hingga menjangkau pulau lain, negara lain, benua lain, bahkan luar angkasa. WAN biasanya merupakan kumpulan dari sejumlah LAN dan MAN. Contoh penerapan WAN adalah jaringan yang dimiliki bank berskala nasional. Bank “A” yang berkantor pusat di Jakarta memiliki kantor cabang di Surabaya, Makasar, dan Denpasar. Bank “A” juga membuka cabang di luar negeri yakni di Singapura, Malaysia, dan Filipina. Di setiap cabang, bank tersebut memiliki kantor sendiri dengan sejumlah karyawan dan fasilitas lengkap termasuk ATM (Automatic Teller Machine). Untuk mendapatkan informasi akurattransaksi keuangan dari seluruh cabang, Bank “A” membuat jaringan komputer yang
termasuk dalam kategori WAN.
Keuntungan penggunaan WAN adalah:
a. komputer server untuk pusat data dapat dibuat terpusat di satu lokasi
b. komunikasi antarkantor cabang dapat dilakukan menggunakan e-mail atau chatting
yang lebih murah biayanya dibanding komunikasi telepon
c. dokumen dapat dikirim dalam bentuk surat elektronik sehingga mengurangi biaya dan
kerumitan pengiriman dokumen melalui kantor pos.
2. Jaringan komputer berdasarkan topologi jaringan (bentuk)
Ada beberapa topologi (bentuk) yang diterapkan pada jaringan komputer, yaitu:
a. topologi bus atau linier
b. topologi ring (cincin)
c. topologi star (bintang)
d. topologi tree (pohon)
e. topologi mash (web)
Topologi bus memiliki kelebihan, yaitu infrastrukturnya sederhana dan hemat kabel.
Namun topologi bus juga memiliki kekurangan, yaitu:
a. jika terjadi kerusakan pada salah satu komputer saja, seluruh semua jaringan akan mati
b. membutuhkan terminator pada kedua ujung kabel utama
c. jika terjadi kerusakan, sangat sulit menemukan titik kerusakan
d. tidak dapat digunakan untuk jaringan skala besar.
Jaringan dengan topologi ring atau cincin menghubungkan beberapa komputer dimana ujung-ujung jaringan tersebut dipertemukan kembali sehingga membentuk lingkaran. Pada topologi ring, ada sebuah komputer yang berfungsi sebagai token atau kendaraan yang akan mengantarkan data. Token ini akan mengantarkan data melalui media transmisi hingga sampai tujuan. Dalam topologi ring kemunginkan terjadinya collision (tumbukan data) dapat dihilangka. Hanya saja biaya untuk membangun jaringan dengan topologi ini relatif lebih mahal. Selain itu, tingkat kesulitan untuk memelihara dan memperbaiki jaringan relatif tinggi.
Fungsi
Pada jaringan bertopologi star atau bintang, setiap komputer terkoneksi ke jaringan
melewati sebuah hub atau konsentrator. Semua data akan melewati konsentrator tersebut sebelum dikirim ke tujuan. Fungsi hub atau konsentrator adalah mengatur dan
mengendalikan keseluruhan fungsi jaringan. Selain itu hub juga berfungsi sebagai repeater atau penguat sinyal. Keuntungan menggunakan topologi star adalah:
a. infrastrukturnya relatif mudah dibangun
b. jika terjadi kerusakan pada salah satu titik jaringan, koneksi jaringan secara
keseluruhan tidak terganggu
c. kesalahan atau kerusakan yang terjadi mudah dideteksi.
Kekurangan topologi star adalah:
a. pemakaian kabel relatif lebih banyak dibandingkan dengan topologi bus
b. jika hub rusak maka seluruh jaringan yang terhubung melewati hub tersebut akan
terganggu
c. biaya pembangunnya relatif lebih mahal dibandingkan topologi bus.
Jaringan dengan topologi tree merupakan paduan jaringan bertopologi bus dan jaringan
bertopologi star. Topologi ini memungkinkan pengembangan jaringan yang telah ada.
Keuntungan topologi tree ini adalah:
56 Fungsi dan Proses Kerja Peralatan Teknologi Informasi dan Komunikasi
a. instalasi jaringan dari titik ke titik pada masing-masing segmen
b. didukung oleh banyak hardware dan software.
Akan tetapi, topologi tree juga memiliki kekurangan, yaitu:
a. panjang segmen dibatasi oleh tipe kabel yang digunakan
b. jika jaringan utama rusak, maka keseluruhan segmen ikut rusak
c. sulit dikonfigurasi, termasuk sistem pengkabelannya.
Gambar 2.42 Topologi tree (Sumber: Dok. Penulis)
Topologi mash atau web sering pula disebut topologi jaring. Dinamakan mash karena
setiap komputer akan terhubung ke setiap komputer yang tersambung. Pada praktiknya,
topologi ini jarang digunakan karena membutuhkan banyak sekali kabel dan sulitnya
dikonfigurasi. Biasanya model ini hanya diterapkan pada WAN atau Internet (karena itu disebut topologi web). Keuntungan topologi mash ini adalah memungkinkan komunikasidata melalui banyak jalur sehingga jika salah satu jalur terputus, masih ada jalur lain yang dapat digunakan.
3. Jaringan komputer berdasarkan media transmisi (media
penghantar)
Media transmisi adalah media penghantar data yang dapat berupa kabel atau gelombang elektromagnet. Secara fisik, ada tiga jenis media penghantar data, yaitu kabel, gelombang elektromagnetik (wireless) dan satelit.
Kabel
Jenis kabel yang digunakan dalam jaringan komputer antara lain adalah:
a. kabel UTP (Unshielded Twisted Pair)
b. kabel STP (Shielded Twisted Pair)
c. kabel koaksial
d. kabel fiber optic.
Kabel UTP merupakan jenis kabel yang paling banyak digunakan untuk membangun
jaringan komputer. Kabel ini memiliki 4 bagian dan setiap bagian memiliki 2 serat.
Spesifikasi kabel UTP antara lain memiliki jangkauan data maksimal 100 meter,
dihubungkan dengan konektor RJ45, memiliki beberapa kategori, yaitu kategori 1, 2, 3, 4, dan 5.
Kabel STP memiliki ciri-ciri fisik mirip dengan kabel UTP. Hanya saja kabel ini sangat sensitif terhadap sinyal radio dan listrik. Kabel STP sering digunakan pada topologi token ring.
Kabel koaksial adalah kabel yang memiliki satu konduktor tembaga di tengahnya. Lapisan plastik isolator terletak di antara konduktor dan lapisan pengaman serat besi. Lapisan serat besi tersebut membantu menutupi gangguan dari lampu listrik, kendaraan dan komputer. Kabel ini rentan terhadap gangguan sinyal-sinyal tertentu. Ada dua tipe kabel koaksial, yaitu tipe RG-58 yang mampu menjangkau jarak 200 meter dan tipe RG-8 yang mampu menjangkau jarak 500 meter.
Kabel fiber optic atau serat optik mempunyai kemampuan mentransmisikan sinyal
melewati jarak yang paling jauh dengan kecepatan paling tinggi. Jangkauan kabel serat optik dapat mencapai 2000 meter.
Wireless
Jaringan wireless atau sering disebut WLAN (Wireless Local Area Network) adalah
jaringan komputer yang menggunakan gelombang radio, sinar inframerah (IR) atau sinar laser sebagai medium. Karena tidak memerlukan kabel, jaringan wireless sangatlah praktis digunakan.
Gelombang radio, frekuensi radio atau RF (radio frequency) dalam jaringan tanpa kabel yang lebih luas. Teknologi ini juga diterapkan pada siaran radio, televisi, telepon cordless/ wireless, dan Internet.
G.. EVALUASII
a. Soal Pilihan Ganda
Pilihlah jawaban yang benar.
1. Jaringan komputer yang paling umum menggunakan kabel UTP adalah jaringan dengan
topologi . . . .
a. tree
b. mash
c. wireless
d. star
e. bus
2. Proyektor yang digunakan untuk presentasi dengan sumber tampilan komputer atau
VCD/DVD player adalah . . . .
a. ansilumens
b. kbps
c. lcd proyektor
d. ohp
e. koaksial
3. Nama perangkat keras yang berfungsi sebagai penyimpan daya listrik sehingga
komputer masih menyala meskipun listrik PLN mati adalah . . . .
a. mainboard
b. UPS
c. OHP
d. modem
e. printer
4. Posisi objek (biasanya alat transportasi) dapat diketahui secara pasti dengan sebuah alat
62 Fungsi dan Proses Kerja Peralatan Teknologi Informasi dan Komunikasi
navigasi yang disebut . . . .
a. GPS
b. keyboard
c. ATM
d. trackball
e. joystick
5. Layar monitor yang memungkinkan perintah/command dieksekusi langsung dengan
menunjuk bagian tertentu pada layar disebut . . . .
a. camcorder
b. processor
c. RAM
d. touch screen
e. mainboard
6. Salah satu komponen komputer yang berfungsi menghubungkan mainboard dengan
monitor sehingga monitor dapat menampilkan gambar adalah . . . .
a. sound card
b. VGA card
c. network card
d. harddisk
e. floppy
7. Cakram DVD memiliki kapasitas . . . .
a. 512 Mb
b. 1 Gb
c. 1 Gb
d. 2,5 Gb
e. 4,7 Gb
8. Jenis printer yang menggunakan tinta cair disebut printer . . . .
a. dot matrix
b. inkjet
c. laser jet
d. optical drive
e. true color
9. Koneksi internet melalui kabel telepon dapat terjadi karena alat yang disebut . . . .
a. modem
b. monitor
c. keyboard
d. disket
e. sound card
10. Jaringan komputer yang banyak menggunakan kabel koaksial sebagai media adalah
jaringan dengan topologi . . . .
a. sharing
b. bus
c. star
Fungsi dan Proses Kerja Peralatan Teknologi Informasi dan Komunikasi 63
d. wan
e. man
b. Soal Teori
Jawablah pertanyaan berikut ini.
1. Sebutkan jenis topologi dalam jaringan komputer.
2. Jelaskan perbedaan antara Local Area Network dengan Wide Area Network
3. Jelaskan pengertian teknologi, informasi, dan komunikasi secara terpisah. Jelaskan pula
pengertian teknologi informasi dan komunikasi menurut beberapa pendapat.
4. Sebutkan 4 (empat) media input komputer dan jelaskan fungsinya.
5. Jelaskan tipe-tipe jaringan komputer menurut media transmisinya.
c. Soal Penugasan (Praktik)
Kerjakan soal praktik berikut ini.
1. Buatlah skema atau denah jaringan yang ada di laboratorium komputer atau di sekolah
Anda. Berilah keterangan yang menjelaskan:
a. topologi yang digunakan
b. peralatan jaringan yang digunakan
c. jumlah komputer yang terhubung dalam jaringan.
2. Siapkan peralatan-peralatan sebagai berikut:
a. kabel UTP kurang lebih 1 meter
b. konektor RJ45
c. crimping tool (penjepit konektor ke kabel)
3. Praktikan pemasangan kabel jaringan dengan memasang kabel UTP ke dalam konektor
menurut susunan:
● strike (kabel disusun secara sejajar atau tidak disilang)
● cross (kabel disusun seperti gambar berikut
No comments:
Post a Comment
Silahkan Tulis komentar anda tentang posting ini